Wednesday, June 8, 2011

Rangkaian Sensor Cahaya Dengan Tegangan 12v



Komponen:

1. Resistor 47 kilo dan 1 kilo
2. Battery atau Power Supply 12v
3. Potensiometer 100kilo
4. LDR ( Light Dipendent Resistance )
5. Transistor 9013 NPN
6. Relay 12v
7. Lampu pijar atau lampu jantung
8. RUMBA , heheheheeee becanda ang..


Rangkaian sensor cahaya ini saya di praktekin langsung sama master elektronika di sekolahan tercinta saya dulu yaitu SMKN 1 Losarang Indramayu, sebut saja nama nya Bapak Surjo (Wali Kelas saya), beliau sangat antusias sekali pada setiap pertemuan di kelas saya, beliau selalu memegang prinsipnya untuk mendidik dan memberikan semua ilmunya kepada anak-anaknya dan selalu bisa membuat orang untuk mandiri dan berdiri sendiri karena motivasi nya.
dan beliau terkenal dengan kepintarannya dalam mendalami Audio Video karena di rumahnya beliau membuka bengkel sendiri. Saya beruntung dulu sudah di ajarkan langsung sama Pak Surjo karena beliau sudah memberikan dan mengajarkan banyak hal kepada saya khususnya sehingga saya bisa jadi seperti sekarang, terimakasih banyak kepada pahlawan tanpa jasa khususnya kepada Bapak Surjo.
Saya akan menjelaskan sedikit tentang rangkaian sensor cahaya ini.

Rangkaian Lampu Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya adalah sebuah rangkaian yang dapat digunakan untuk menggantikan fungsi sakelar secara otomatis, Rangkaian Lampu Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya menggunakan tegangan AC 220V, Light Dipendent Resistance (LDR) sebagai Sensor apabila terkena cahaya maka lampu mati dan apabila Sensor tidak terkena cahaya lampu hidup.
Rangkaian ini bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari contohnya pada penerangan di rumah seperti pada lampu taman,dan di jalan-jalan raya, rangkaian ini menggunakan sakelar otomatis dan sensor sebagai input, apabila rangkaian ini di pasang maka pada siang hari lampu mati dan menjelang malam hari lampu menyala dengan otomatis.

Sekian info dari saya ,kekurangan hanya milik kita dan kesempurnaan hanya milik allah semata .
Semoga bermanfaat dan jangan lupa kritikannya saya butuhkan dan sarannya saya nantikan sekali.
Dan terimakasih atas kujungannya.

No comments:

Post a Comment